Kisi-Kisi CSM
1. Defenisi Service Recovery
Service
recovery merupakan tindakan spesifik yang dilakukan
untuk memastikan bahwa pelanggan
mendapatkan tingkat pelayanan yang pantas setelah terjadi masalah-masalah dalam
pelayanan secara normal (Barnes, 2003). Service
recovery yang baik akan mendeteksi dan memecahkan masalah, mencegah
kekecewaan dan didisain untuk mengakomodasi keluhan.
Service recovery paradox :
kemungkinan bahwa pelanggan yg tidak puas dgn masalah yg diambil dri peracaatan
secara efisien dan efektif menjadi lebih puas dan loyal dari pada biasanya
pelanggan yg puas.
Faktor mempengaruhi:
a. Faktor
internal yang relatif dapat dikendalikan perusahaan, misalnya layanan mungkin
tidak tersedia saat dijanjikan, pelayanan tidak ramah, karyawan yang kasar, karyawan
yang tidak tepat waktu, kesalahan pencatatan transaksi
b. Faktor
eksternal yang diluar kendali perusahaan, seperti cuaca, bencana alam, gangguan
pada infrastruktur umum (listrik padam, jalan longsor), aktivitas kriminal, dan
masalah pribadi pelanggan misalnya dompet hilang
Mengapa service recovery perlu dipelajari
dalam service marketing?
1
utk menggambarkan pentingnya pemulihan
layanan dari kegagalan pelayanan dlm mempertahankan pelanggan dan membangun
loyalitas
2
mengetahui apa yg pelanggan harapkan dan
apa tanggapan mereka ketika mereka mengeluh
2.
Defenisi
servicecape
Servicescapes berperan
sebagai Paket dari jasa yang ditawarkan dalam suatu cara yang berbeda
dengan cara menawarkan barang. Paket produk di-design untuk menggambarkan image
sehingga mampu menyentuh sensor tertentu atau reaksi emosional kosumen.
Sementara paket jasa menanamkan image melalui intraksi sebagi stimuli yang
komplek. Bukti jasa ‘’membungkus’’ jasa dan menyampaikan image eksternaltentang
apa yang ada ‘’didalam bungkus’’kepada konsumen. Dengan demikian, servicescapesitu merupakan penampilan
tangible organisasi dan karnanya menjadi sangat penting dalam membentuk kesan
awal atau dalam membentuk harapan konsumen (
karna servicescapes merupakan metafora dari jasa yang intangible).
Peran pengepakan ini khususnya penting dalam menciptakan harafan dari konsumen
baru dan untuk perusahaan jasa yang baru berdiri yang sedang mencoba membangun
sesuatu image.
Item yang dipelajari:
Ø Eksterior
fasilitas jasa
- Desain
eksterior
- Signage
- Tempat
Parkir
- Landscape
- Lingkungan
Sekitar
Ø Interior
Fasilitas Jasa
- Desain
interior
- Peralatan
- Signage
- Layout
- Kualitas
udara/ Temperatur
Mengapa servicecape perlu
dipelajari
3. Defenisi costumer dissatisfaction
adalah suatu keadaan dimana pengharaan konsumen tidak sama atau lebih tinggi
daripada kinerja yang diterima oleh konsumen dari pemasar.
Apa saja yg dilakukan apabila konsumen
tidak meras puas?
1. Bertindak cepat,
2. Mengakui bagaimana perasaan pelanggan
3. Jangan berdebat dengan pelanggan
4. Tunjukkan bahwa Anda memahami dari sudut pandang
pelanggan
5. Mengklarifikasi fakta dan memilah penyebabnya
6. Mengusulkan langkah-langkah yang diperlukan untuk
memecahkan masalah
7. Mempertahankan pelanggan dengan memberitahukan
informasi terbaru
8. Pertimbangkan kompensasi
9. Bertahan untuk mendapatkan kembali itikad baik
pelanggan
10.
Periksa sistem
pelayanan dan mengupayakan keunggulan
4. Defenisi Service culture
Menurut
Gronroos (2000), budaya merupakan konsep yang menjelaskan mengapa orang
melakukan tindakan tertentu, berpikir dengan cara yang sama, menghargai tujuan
yang sama, menjalani rutinitas yang sama, bahkan berbagi lelucon yang sama
karena mereka merupakan anggota suatu organisasi yang sama. Service culture atau budaya layanan
didefinisikan sebagai suatu bisnis yang menempatkan layanan sebagai inti budaya
organisasi (Curtis and Upchurch, 2008; Teare, 1993).
Faktor yang mempengaruhi
- sikap setiap karyawan. perhatian dari
setiap karyawan terhadap kemampuan berkomunikasi yang baik, memiliki kompetensi yang
diperlukan, memberikan respon yang cepat, aksesibilitas yang mudah, integritas,
konsistensi, dan sopan santun akn menubuhkan budaya pelayanan yang prima,
sehingga konsumen akan puas.
- manajemen dari suatu perusahaan.
5. Peranan atau Rule of marketing
(service marketing)
6.
Apa
yang dimaksud dengan service blueprint Adalahgambar
ataupetayangmenggambarkansistem pelayanansehinggaorang yang berbedayang
terlibatdalam menyediakandapatmemahami danmenanganisecara objektif,
terlepasdariperanataupoin individupandang mereka.
Defenisi lain adalah sebuah alat untuk secara bersamaan menggambarkan proses
pelayanan, titik-titik kontak pelanggan dan bukti pelayanan dari sudut pandang
pelanggan.
Atribut atau item apa saja?
1 Tindakan
pelanggan., : meliputi langkah2, pilihan, menkonsumsi dan mengevaluasi layanan
2 Panggung
/ contact terlihat: langkah2 n kegiatan yg dikerjakan karyawan kontak yg
terlihat kpd pelanggan
3 Backstage
/ tindakan karyawan kontak tak terlihat. : tindakan kontak karyawan yg terjadi
dibelakang layar utk mndukung kegiatan on stage
4 Proses
dukungan. : meliputi layanan internal
Mengapa service blue print perlu
dibahas di service marketing?
7. Apa yang dimaksud dengan integrated
marketing communication?
Tom Duncan dan Sandra Moriaty menyatakan
bahwa Intergrated
Marketing Communicationsmerupakan salah satu pendekatan marketing
generasi terbaru yang digunakan oleh perusahaan agar lebih fokus dalam
mengakuisisi customer, membangun dan mengembangkan hubungandengan customer dan stakeholder. Menurut
mereka, ada 3 jenis pesan dalam perusahaan :
• Corporate : filosofi, praktek bisnis, visi / misi dan budaya perusahaan
• Marketing : desain, tampilan, pricing, service support dan distribusi
• Marketing Communication : pada tahapan ini, pesan harus dikirim dan diterima pada landasan konsistensi baik dalam eksekusi maupun strategi untuk menciptakan persepsi yang lengkap dan konsisten kepada customer maupun stakeholder melalui agency periklanan, PR, promosi penjualan dan lain – lain.
• Corporate : filosofi, praktek bisnis, visi / misi dan budaya perusahaan
• Marketing : desain, tampilan, pricing, service support dan distribusi
• Marketing Communication : pada tahapan ini, pesan harus dikirim dan diterima pada landasan konsistensi baik dalam eksekusi maupun strategi untuk menciptakan persepsi yang lengkap dan konsisten kepada customer maupun stakeholder melalui agency periklanan, PR, promosi penjualan dan lain – lain.
Pengembangan bisnis yang bisa dilakukan oleh
perusahaan dan keuntungannya lewatIntegrated Marketing
Communications ini
adalah para pengusaha akan secara cepat beradaptasi terhadap perubahan
teknologi dan media secara menyeluruh seperti, Media internet yang berkembang
sangat pesat dengan adanya transaksi online yang dilakukan masyarakat dan
perubahan media tradisional seperti TV, Radio, dan Media cetak lainnya yang
semakin spesifik dan tersegmentasi sehingga memudahkan customer untuk menerima pesannya.
Faktor yang ada dalam integrated marketing communication?
1. Jumlah dana yang digunakan.
Dana merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi variabel IMC . Jumlah dana
yg tersedia sangat lah menentukan kegiatan komunikasi pemasaran apa yang
dilakukan.
2. Daur hidup produk.
Pada umumnya setiap produk akan mengalami perkembangan daur hidup yang terdiri
atas 4 tahap yaitu perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan kemunduran.
3. Karakteristik produk.
Strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan dipengaruhi oleh karakteristik
produknya. Apakah barang produksi atau barang konsumsi.
Comments
Post a Comment