SIFAT SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
BAB I
SIFAT
SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
KASUS 1-2
WAL-MART
STORES, INC
Oleh:
TURINA
SABARI (023070154)
SRI RAHAYU
(
SULASTRI (
AK. 0203
4 September 2010
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
TRISAKTI
Pertanyaan
1.
Apakah
strategi Wal-Mart’s? Apakah basis yang dibangun oleh Wal-Mart pada keunggulan
kompetitifnya?
2.
Bagaimana
sistem pengendalian Wal-Mart’s membantu pelaksanaan strategi perusahaan?
Jawaban
1.
Strategi
kemenangan Wal-Mart di ASA didasarkan pada penjualan produk bermerek dengan
biaya rendah.
Wal-Mart dengan penuh pertimbangan menjamin
bahwa perusahaan ini tidak menjadi terlalu tergantung pada salah satu pemasok;
tidak ada vendor tunggal yang merupakan lebih dari 4% dari volume penjualan
keseluruhannya.
Wal-Mart menggunakan strategi “saturasi” untuk
ekspansi tokonya. Pusat distribusi ditempatkan sedemikian strategis sehingga
pada akhirnya dapat melayani 150-200 toko Wal-Mart dalam sehari.
Wal-Mart menangani isu pencurian kecil dengan
melembagakan kebijakan yang berbagi 50% dari penghematannya.
Penurunan pencurian satu toko di antara
karyawan toko itu melalui rencana insentif toko.
Basis
yang dibangun oleh Wal-Mart pada keunggulan kompetitifnya adalah membangun toko
besar dengan diskon di kota-kota kecil pedalaman. Sebaliknya, pesaing seperti
Kmart berfokus pada kota besar dengan populasi lebih dari 50.000. Strategi
pemasaran Wal-Mart adalah menjamin “harga rendah setiap hari” sebagai cara
untuk menarik pelanggan. Retailer diskonn tradisional mengandalkan “penjualan”
yang diiklankan.
2.
Sistem pengendalian
Wal-Mart’s membantu pelaksanaan strategi perusahaan dimana para manajer toko
yang relatif langsung menangani kinerja penjualan harian terhadap angka-angka
dari satu tahun sebelumnya. Wal-Mart merupakan “toko dalam sebuah toko”, yang
mendorong manajer departemen untuk bertanggung jawab dan memberi mereka
insentif untuk kreatif. Eksperimen yang sukses diorganisasi dan diterapkan pada
toko lain. Contohnya adalah people
greater (penyapa pelanggan), seorang karyawan (associate) yang menyambut pelanggan ketika mereka masuk toko. Para
penyambut ini tidak hanya member pelayanan pribadi, kehadiran mereka berfungsi
untuk mengurangi pencurian.
Comments
Post a Comment