SIFAT SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN


BAB I
SIFAT SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN
KASUS 1-2
WAL-MART STORES, INC

Oleh:
TURINA SABARI (023070154)
SRI RAHAYU (
SULASTRI (

AK. 0203
4  September 2010

Description: 288px-Trisakti_Logo.svg.png

FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS TRISAKTI

Pertanyaan
1.       Apakah strategi Wal-Mart’s? Apakah basis yang dibangun oleh Wal-Mart pada keunggulan kompetitifnya?
2.       Bagaimana sistem pengendalian Wal-Mart’s membantu pelaksanaan strategi perusahaan?

Jawaban
1.       Strategi kemenangan Wal-Mart di ASA didasarkan pada penjualan produk bermerek dengan biaya rendah.
Wal-Mart dengan penuh pertimbangan menjamin bahwa perusahaan ini tidak menjadi terlalu tergantung pada salah satu pemasok; tidak ada vendor tunggal yang merupakan lebih dari 4% dari volume penjualan keseluruhannya.
Wal-Mart menggunakan strategi “saturasi” untuk ekspansi tokonya. Pusat distribusi ditempatkan sedemikian strategis sehingga pada akhirnya dapat melayani 150-200 toko Wal-Mart dalam sehari.
Wal-Mart menangani isu pencurian kecil dengan melembagakan kebijakan yang berbagi 50% dari penghematannya.
Penurunan pencurian satu toko di antara karyawan toko itu melalui rencana insentif toko.

 Basis yang dibangun oleh Wal-Mart pada keunggulan kompetitifnya adalah membangun toko besar dengan diskon di kota-kota kecil pedalaman. Sebaliknya, pesaing seperti Kmart berfokus pada kota besar dengan populasi lebih dari 50.000. Strategi pemasaran Wal-Mart adalah menjamin “harga rendah setiap hari” sebagai cara untuk menarik pelanggan. Retailer diskonn tradisional mengandalkan “penjualan” yang diiklankan.


2.       Sistem pengendalian Wal-Mart’s membantu pelaksanaan strategi perusahaan dimana para manajer toko yang relatif langsung menangani kinerja penjualan harian terhadap angka-angka dari satu tahun sebelumnya. Wal-Mart merupakan “toko dalam sebuah toko”, yang mendorong manajer departemen untuk bertanggung jawab dan memberi mereka insentif untuk kreatif. Eksperimen yang sukses diorganisasi dan diterapkan pada toko lain. Contohnya adalah people greater (penyapa pelanggan), seorang karyawan (associate) yang menyambut pelanggan ketika mereka masuk toko. Para penyambut ini tidak hanya member pelayanan pribadi, kehadiran mereka berfungsi untuk mengurangi pencurian.

Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Sumber Daya Perusahaan

Servis Laptop yang Bagus, Bergaransi, Pengerjaan Cepat, di Bogor IPB Dramaga