Penyusutan & Pelepasan Aktiva Tetap

Penyusutan bukanlah proses di mana perusahaan mengakumulasikan dana (kas) untuk mengganti aktiva tetapnya. Penyusutan juga bukanlah cara untuk menghitung nilai yang berlaku saat ini atas aktiva tetap. Penyusutan adalah alokasi secara periodik dan sistematis dari harga perolehan aktiva selama periode-periode berbeda yang memperoleh manfaat dari penggunaan aktiva bersangkutan. Akumulasi penyusutan adalah bukan sebuah dana pengganti aktiva, melainkan jumlah harga perolehan aktiva yang telah dibebankan (melalui pemakaian) dalam periode-periode sebelumnya. Nilai buku aktiva (harga perolehan, yang merupakan biaya historis, dikurangi dengan akumulasi penyusutan) adalah harga perolehan aktiva yang tersisa yang akan dialokasikan untuk pemakaian di periode yang akan datang, dan bukan merupakan nilai estimasi atas aktiva tetap saat ini.

Penyusutan umumnya terjadi ketika aktiva tetap telah digunakan dan merupakan beban bagi periode dimana aktiva dimanfaatkan. Praktek pembebanan penyusutan akan mencerminkan tingkat penggunaan aktiva yang layak dan jumlah labaa yang tepat untuk dilaporkan. Penyusutan dilakukan karena masa manfaat dan potensi aktiva yang dimiliki semakin berkurang. Pengurangan nilai aktiva tersebut dibebankan secara berangsur-angsur atau proporsional ke masing-masing periode yang menerima manfaat.

Jadi, beban penyusutan adalah pengakuan atas penggunaan manfaat potensial dari suatu aktiva. Sifat beban penyusutan secara konsep tidak berbeda dengan beban yang mengakui pemanfaatan atas premi asuransi ataupun sewa yang dibayar dimuka selama periode berjalan. Beban penyusutan merupakan beban yang tidak memerlukan pengeluaran uang kas (non cash outlay expense). Alokasi harga perolehan aktiva tetap dilakukan dengan cara mendebet akun beban penyusutan dan mengkredit akun akumulasi penyusutan. Akun beban penyusutan akan tampak dalam laporan laba rugi, sedangkan akun akumulasi penyusutan akan terlihat dalam neraca. Akun akumulasi penyusutan merupakan akun pengurang dari akun aktiva yang bersangkutan.




Aktiva tetap yang tidak lagi memiliki umur ekonomis yang lebih lama dapat dibuang, dijual, atau ditukar dengan aktiva tetap lainnya. Dalam kasus pelepasan aktiva tetap, nilai buku aktiva tetap harus dihapus. Penghapusan nilai buku dilakukan dengan cara mendebet akun akumulasi penyusutan sebesar saldonya pada tanggal pelepasan aktiva dan mengkredit akun aktiva bersangkutan sebesar harga perolehannya (biaya historis).


Contoh Kasus

Pada tahun 2009
PT. PT membeli mesin produksi seharga 100 juta, nilai residunya 20 juta.
Mesin tsb diharapkan mampu untuk memproduksi 4 juta unit.
 Sepanjang 2009, mesin tsb telah memproduksi 1,2 juta unit.
Mesin produksi ini disusutkan berdasarkan tingkat unit yang dihasilkan. 

AJP pada 31 Des.2009
            Beban Penyusutan-Mesin               24 juta
                     Akumulasi Penyusutan-Mesin                 24 juta
                           1,2 juta unit x ((Rp.100 juta - Rp. 20 juta) : 4 juta unit) 




Sumber:  buku Mahir Akuntansi Dasar, karangan DR. (Cand) Hery, S.E., M.Si.

 








Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Sumber Daya Perusahaan

Servis Laptop yang Bagus, Bergaransi, Pengerjaan Cepat, di Bogor IPB Dramaga