My Thesis (partial)


3.3 Populasi dan Sampel
            Populasi dalam penelitian ini merupakan Reksa Dana syariah maupun kovensional yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel dalam penelitian ini adalah Reksa Dana campuran syariah maupun konvensional. Periode penelitian yang digunakan yaitu pada bull market dari bulan September 2006 sampai dengan Desember 2010. Periode penelitian selama lima tahun dengan alasan data yang dibutuhkan cukup tersedia serta untuk menyediakan data yang up to date.
            Bullish market adalah suatu kondisi pasar dimana (1) kenaikan harga saham menyebabkan indeks menguat berkepanjangan yakni didasarkan pada pengamatan nilai pergerakan IHSG yang mengalami kenaikan pada akhir 2006 hingga menyentuh level 1000 poin dan semakin menguat di tahun 2009 dan 2010 serta (2) transaksi berlangsung semarak dan biasanya disertai dengan besarnya volume saham yang diperdagangkan, yakni didasarkan pada pengamatan nilai kapitalisasi pasar yang mengalami kenaikan nilai dari awal sampai akhir tahun (Suta, 1997).
            Bearish market adalah suatu periode dimana (1) harga saham jatuh dalam kurun waktu yang berlarut-larut dan seringkali disebabkan tindakan antisipasi kegiatan perekonomian yang menurun yakni didasarkan pada pengamatan nilai pergerakan IHSG yang mengalami kenaikan pada awal tahun namun menurun pada akhir tahun serta nilai IHSG belum menyentuh level 1000 poin, serta (2) transaksi berlangsung lesu dan biasanya disertai dengan menurunnya volume saham yang diperdagangkan, yakni didasarkan pada akhir tahun (Suta, 1997). Kekuatan bull market dan bear market yang cenderung mempengaruhi semua surat berharga yang diperdagangkan di pasar secara sistematis dapat menyebabkan munculnya risiko pasar yang tidak dapat dihilangkan melalui diversifikasi.
            Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dimana menurut Umar (2007) bahwa dalam hal ini pemilihan sampel berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut paut dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Kriteria sampel dilakukan dengan batasan-batasan sebagai berikut :
  1. Reksa Dana yang dijadikan sampel adalah reksa Dana campuran syariah maupun konvensional.
  2. Reksa dana campuran syariah maupun konvensional sudah listing pada bull market dari bulan September 2006 sampai dengan September 2010.
  3. Reksa Dana campuran konvensional yang dibandingkan dengan Reksa Dana campuran syariah adalah Reksa Dana campuran yang diterbitkan oleh Manajer Investasi yang sama.
  4. Reksa Dana campuran syariah maupun konvensional yang telah beroperasi selama lebih dari empat tahun atau telah mengadakan penawaran umum mulai tahun 2006.
Berdasarkan kriteria tersebut maka Reksa Dana yang terpilih sebagai sampel penelitian yakni sebanyak 3 (tiga) Reksa Dana campuran syariah dan 3 (tiga) Reksa Dana campuran konvensional, yaitu Danareksa Syariah Berimbang, Mandiri Investa Syariah Berimbang, Mega Dana Syariah, Danareksa Anggrek Fleksibel, Mandiri Investa Aktif, dan Mega Dana Campuran.

Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Sumber Daya Perusahaan

Servis Laptop yang Bagus, Bergaransi, Pengerjaan Cepat, di Bogor IPB Dramaga